12 Cara Mengatasi Android Lemot

Kalian mungkin akan kesal apabila smartphone Android kalian mulai lemot entah itu karena umur smartphone sudah usang atau masalah lainnya. Seiring berkambangnya jaman banyak aplikasi-aplikasi terbaru yang mungkin ingin kalian instal satu persatu. Yang membuat smartphone android kalian jadi melambat. Tentunya melambatnya smartphone android kita akan sangat mengganggu produktifikas sehari-hari. Saat kita browsing  atau pun streaming sesuatu kemudian aplikasi browsing akan lambat dan menyebabkan  forceclose, menjengkelkan sekali bukan.

Sebelum saya memberikan tutorial untuk menngatsi smarphone Android yang lemot ada baiknya kalian harus tau apa saja penyebab yang membuat smartphone Android kita jadi melambat. Karena dengan tau penyebabnya akan menambah pengetahuan kalian.

Penyebab HP Android Jadi Lemot

1. Perhatikan jumlah ram pada hp android kalian. Dijaman sekarang alangkah bijaknya memilih smartphone dengan ram minimum 2gb (semakin besar semakin baik). Karena dengan dengan banyaknya ram maka smartphone kalian akan tidak mudah lemot.

2. Terlalu banyak aplikasi yang diinstal. Aplikasi yang terlalu banyak akan membuat memori kalian akan penuh dan sesak yang menyebabkan Android menjadi lemot.

3. Kecepatan micro sd yang lambat. Memang terdengar sepeleh namun memang kenyataan bahwa memori yang lambat juga akan mempengaruhi kinerja smartphone kalian. Untuk itu saya rekomendasikann microsd minimal class 10 supaya cepat dalam melakukan kinerja,

Mungkin itu saja ada yang mau nambahin silahkan tulis di komentar.

Cara Menngatasi HP Android Yang Lemot

1. Hapus widget yang ada dihomescreen gunakanlah widget sesuai kebutuhan saja. Memang dengan menggunakan widget ini Android akan terlihat bagus dan keren tapi juga banyak memakan ram hp kalian. 

2. Jangan gunakan live wallpaper, Menggunakan live wallpaper juga berpengaruh karena kinerja ram dan gpu sehingga membuat hp kalian terasa lemot.

3. Atur sinkronisasi agar tidak mengambil banyak koneksi paket data internet yanng diminta untuk ditampilkan dan di download secara otomatis.

4. Gunakan satu antivirus saja atau tidak usah instal sekalian. Alasannya karena jenis aplikasi-aplikasi yang seperti ini akan bekerja di latar belakang smartphone jika menggunkan 2 atau lebih aplikasi  seperti ini maka permintaan ram semakin tinggi

5. Freeze aplikasi atau bloatware. Hal ini hanya bisa dilakukan pada hp yang telah di Root aplikasi yang digunkan biasanya adalah link2SD

6. Download aplikasi cleaner bisa menggunakan clean master lalu bersihkan secara teratur junk files, cookies dan cache. Setiap kali kalian melakukan browsing dan streaming semua data website akan disimpan dalam cache browser yang kalian gunakan. Maka kalian harus rajin-rajin membersihkan file-file sampat tersebut.

7. Gunakan Auto Kill. Aplikasi ini bertujuan untuk mematikan secara paksa aplikasi lain yang di anggap mengambil ram yang berlebihan. Fitur ini aman dan akan bekerja secara otomatis di latar belakang.

8. Gunakan aplikasi serba guna, maksudnya dalam satu aplikasi kamu bisa mendapatkan fungsi yang banyak, seperti partisi SD Card, backup aplikasi, link aplikasi ke memory card, dan lainnya.Kalian bisa mendapatkan banyak fungsi serupa di Clean Master (bila belum root)

9. Hapus aplikasi yang tidak terpakai. Aplikasi yang tidak digunakan sebaiknya uninstal saja.

10.  Matikan atau kurangi animasi di android kamu animasi adalah salah satu pembuat ram menjadi boros. untuk mematikan kalian bisa pergi ke setting > developer options, lalu ubah nilai Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale ke nilai terkecil, atau dibuat off sekalian.

11. Gunakanlah launcher yang ringan. Dengan launcher yang ringan akan membuat ram pada android mu jadi ringan pula.
  
12. Gunakan aplikasi berbayar, untuk yang terakhir ini mungkin agak nyeleneh dan tidak masuk akal. tetapi tahukah kalian bahwa ketika kalian menggunakan aplikasi versi gratis sebenarnya kalian sedang dijadikan kelinci percobaan. Maka dari itu banyak review jelek pada aplikasi gratis. Namun tidak semua aplikasi gratis itu jelek masih banyak kok aplikasi gratis tapi memiliki fitur-fitur yang bagus.

Itulah penyebab dan cara mengatasi smartphone android yang lemot atau lambat. Sehingga membuat kinerja serta performa android kalian jadi lebih ceoat dari sebelumnya . 


12 Cara Mengatasi Android Lemot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fiqih Network

Tidak ada komentar:

Posting Komentar