Cara Agar Baterai Android Awet

kini smartphone android telah berbagai macam pilihan ada yang mahal dan ada yang murah. Mulai dari yang branded dan yang non branded. dari produk lokal maupun produk import semuanya ada. Ada yang kamera dan fiturnya bagus ada pula yang pas pasan. Tapi satu yang tidak saya suka dari pada hp android adalah masalah baterainya.

Kini ada banyak hp entry level pun dengan baterai yang superjumbo tetapi masih saja terbilang boros. Seperti contoh hp saya xiaomi redmi 3 dengan baterai kapasitas 4000mah dengan hp kakak saya iphone 5 dengan baterai kapasitas 1400an kalau gk salah. Pada pemakaian yang sama hp saya dan kakak saya waktu ngecasnya sama-sama sehari sekali. Malam ngecas paginya baru dipakai
padahal penggunaannya sama sosial media youtubean dan sedikit gaming. Padahal secara kapasitas baterai jauh lebih besar punya saya. Mungkin karena perbedaan operating sistem serta resolusi layar yang berbeda juga ngaruh.

Untuk itu saya akan berbagi tips agar mengawet baterai android kalian jadi pemakaian bisa lebih lama lagi. Simak beberapa tips yang akan saya berikan berikut ini:

1. Kurangi time out/waktu tidur dan tingkay kecerahan layar android
Layar adalah salah satu yang membuat baterai android boros semakin layar kalian hidup dan nyalanya terang maka semakin baterai kalian akan cepat terkuras


2. Matikan rotasi, wifi atau bluetooth bila tidak digunakan




3. Jangan menggunkan wallpaper yang berat atau menggunkan live wallpaper
Terbilang sepeleh sih tapi memang live wallpaper bisa membuat baterai hp android kalian jadi boros loh.

4. Gunakanlah headset dalam mendengarkan lagu, menonton video atau bermain game
Menggunkan speaker bawaan hp juga dapat membuat baterai hp jadi tidak awet. maka dari itu gunkanlah headset.
sumber: google image


5. Gunakanlah penghemat baterai
Di versi android terbaru semua sudah memiliki pengaturan penghemat baterai jadi gunkanlah dengan bbaik agar baterai hp android kalian awet

6. Matikan aplikasi yang tidak terpakai
Ini yang kita seringkali tidak terasa atau tidak tau beberapa aplikasi ada yang membuat baterai jadi sangat boros sehingga tidak terasa baterai menjadi cepat berkurang. misal aplikasi yanng boros adalah facebook maka kalau menggunkan facebook gunnakanlah facebook lite agar baterai irit.

7. Matikan gps pada hp android kalian bila tak terpakai
Bila tidak menggunakan google maps lebih baik matikan saja.
sumber: google image


8. Bila ada wifi kalian aktifkan airplanemode
Salah satu yang membuat boros adalah penggunaan simcard. karena kartu simcard menggunakan baterai untuk mencari sinyal, apalagi sinyal di tempat kalian tidak stabbil, maka hp akan bekerja ekstra menggunkan baterai untuk mencari sinyal. untuk menyiasati itu maka gunakanlah aiplane mode


Mungkin cukup sekian tips yang saya berikan apabila kalian punya tips sendiri kalian bisa komen dibawah. Simak terus postingan dari fiqnet. terima kasih telah mengunjungi blog saya
Cara Agar Baterai Android Awet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fiqih Network

Tidak ada komentar:

Posting Komentar