8 Cara Menghemat Kuota Internet HP Android

Semakin tinggi akses yang serba internet di Android membuat kuota yang kita keluarkan sudah banyak. Bahkan mungkin tanpa kita sadari. Wajar saja karena memang sekarang hampir semua orang tidak bisa luput dari sosial media. Nah sosial media itu termasuk yang dapat memboroskan/menyedot kuota data kita.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara untuk menghemat kuota data di Android agar kita terhindar dari keborosan kuota dan uang kita tidak cepat habis juga karena selalu membeli kuota. Berikut adalah cara untuk menghemat kuota data Android.

1. Mematikan data selular/mobile data kalian ketika tidak digunakan.
Ketika perangkat Android tidak digunakan misalnya pada saat di kendaraan, saat kerja atau tidur. Pastikan kamu tidak mengaktifkan mobile data karena aplikasi sosial media akan mengirim notifikasi yang membuat kuota kamu berkurang.

2. Non aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan.
Salah satu cara menghemat kuota yang berikutnya adalah degan mematikan sinkronisasi untuk mematikannya gampang sekali kalian masuk setting>Account>pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Hal ini akan dapat menghemat kuota kamu karena sinkronisasi tidak otomatis terhubung ke internet.


3. Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya
Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk membatasi berapa pemakaian kuota kamu dan akan memberikan peringatan saat kalian internet melebihi batas data yang sudah kalian tentukan. Untuk menggunakannya kalian bisa masuk setting>Data usage> Celular data> Set cellular data limit. kalian tentukan batas datanya.


4. Batasi penggunaan data di background (Restrict Background Data).
jika kalian benar-benar merasa kuota kalian sangat cepat habis maka untuk menghematnya adalah dengan mematikan penggunaan data di background. Cara melakukannya adalah masuk ke Setting>Data usage> Tap tiga garis vertikal dikanan atas>Restrict background data> O. Hal ini akan men stop aplikasi yang menggunakan data saat berjalan di background. Namun cara ini tidak recomended karena denga cara ini notifikasi sosial media kalian akan terlambat datang.

5.Identifikasikan Aplikasi yang memakan banyak kuota.
Banyak aplikasi yang makan banyak kuota data misalnya instagram dan facebook. untuk mengetahui aplikasi lain yang sering memakan kuota banyak kalian bisa masuk ke menu setting> Data usage, scroll ke bawah da temukan daftar aplikasi yang paling bbanyak memakan kuota data. kemudian kalian bisa uninstal aplikasi tersebut kalau memang sering memakan banyak data.

6. Update aplikasi hanya jika terhubung wifi.
Jika kamu menggunkan aplikasi dari  google play store, maka hp kamu akan mengupdate aplikasi secara otomatis. untuk mengupdate aplikasi bisanya memakan banyyak kuota yang sangat besar. Hal ini akan membuat borosnya kuota kita. Kalian bisa mensetting hanya update aplikasi dengan wifi saja untuk mengaktifkannya masuk ke play store dan masuk Setting>Auto update apps> Auto update apps over wifi only.

7. Saat browsing gunakan chrome dengan fitur "Data Saver"
Jika kalian browsing di hp menggunakan google chrome kalian bisa aktifkan fitur data saver. U
ntuk mengaktifkan data saver kalian bisa pergi ke-menu Setting>Data Saver> ON. fitur data saver ini akan menghemat kuota data kamu hingga 50% sehingga dapa menghemat kuota mu.

8 Pilih paket kuota yang murah.
Saat kalian ingin membeli kuota pastikan kalian bandingkan dulu harga kuota setiap operator agar kalian dapat mendapat kuota dengan harga yang paling murah.

Nah diatas adalah tips dan trik untuk menghemat kuota internet di Android. Jadi kamu bisa menghemat uangmu untuk keperluan yang lain tidak hanya buat beli kuota saja. kalian punya cara lain silahkan komentar di bawah.Terima kasih
8 Cara Menghemat Kuota Internet HP Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fiqih Network

Tidak ada komentar:

Posting Komentar