5 Cara Mudah Mengatasi Android Lambat

Pada zaman sekarang smartphone bersistem operasi Android sudah menjadi sebuat alat yang tidak dapat dipisah dari kehidupan kita. Hal ini diakibatkan oleh kemampuan smartphone yang mampu menunjang berbagai kegiatan agar lebih mudah dan cepat kita lakukan. Smartphone Android juga membuat komunikasi jadi lebih bervariatif seperti adanya fitur VideoCall yang membuat kita mudah untuk berkomunikasi.
sumber:popsci.com
Selain itu di smartphone Android kita dapat mudah melakukan multitasking agar memudahkan kita untuk menjalankan berbagai aktifitas secara bersamaan. Akhirnya waktu yang kita keluarkan lebih efisien dan tidak terbuang percuma. Saking terbiasanya kita dengan kecepatan multitasking di Android terkadang akan sangat mengganggu jika kinerja smartphone Android kita menjadi lamban atau lemot. Sehingga membuat produktifitas kita menurun. Bagi kalian yang bingung apa yang harus kalian lakukan saat Android kalian lemot maka kalian harus lihat cara yang dapat menghilangkan lemot pada Android kalian.

1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Apabila kalian sering mencoba coba aplikasi yang ada diplaytore, sebaiknya kalian hindari karena dapat membuat penuh memori pada Android kalian. Downloadlah aplikasi yang memang kalian butuhkan dan benar-benar berguna bagi kalian agar memori memiliki freespace yang lega. Karena jika memori pada Android kalian sempit maka akan membuat Android kalian menjadi lemot dan bisa membuat restart sendiri.
 2. Bersihkan memori internal
Berhubungan dengan cara yang pertama, yaitu tengan memori internal. Memori internal di smartphone kalian tidak hanya digunkan untuk menyompan file-file aplikasi dan game kalian saja, tetapi meyimpan beberapa file lainnya seperti foto, video dan musik. Pilih file-file tersebut yang memang tidak kalian gunakan seperti foto, video yang tidak penting. Agar kapasitas memori internal menjadi lega. Karena jika kalian menyimpan terlalu banyak fiel di memori kalian bukan tidak mungkin Android kalian akan menjadi lemot
.
3. Bersihkan cache
Buat kalian yang tidak tau cache, cache adalah memori sementara yang disimpan aplikasi, biasanya bertugas untuk mempercepat membuka sebuah aplikasi atau menyimpan detail Login. Biasanya kamu akan menemui aplikasi yang sering crash atau not responding saat di buka, Menghapus cache adlah cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Cache yang menumpuk juga dapat membuat penuh memori internal. Kalian bisa membersihkan setiap cache di setiap aplikasi di pengaturan. atau bisa gunakan aplikasi yang ada di PlayStore.

 4. Gunakan SD card dengan speed yang cepat  
sumber:http://highonandroid.com
Tidak semua Smartphone Android mendukung micro SD, Tetapi bisa saja lambannya performa Android disebabkan oleh lemotnya microSD. Pastikan kalian gunkan microSD dengan kecepatan file transfrer yang cepat agar tidak terjadi menutrunnya performa Android. minimal Gunakan microSD yang kecepatannya 48mbps.

5. Factory reset
sumber:androidauthority.com
jika semua cara yang saya berikan sebelumnya tidak mengatasi masalah lemotnya Android klain maka kalian harus mencoba cara yang satu ini. Kalian harus mencoba Factory reset ini adalah fitur yang disediakan di semua perangkat Android. Fungsi dari Factory reset ini adalah untuk mengembalikan setingan smartphone seperti semula. Sebelum kalian menggunakan ini kalian wajib terlebih dahulu untuk membackup semua data-data penting yang ada di smartphone kalian. Agar tidak hilang ketika di kembalikan ke settingan awal.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan Terima kasih telah berkunjung. silahkan tinggalkan komentar apabila memiliki keluhan yang lain.
5 Cara Mudah Mengatasi Android Lambat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fiqih Network

Tidak ada komentar:

Posting Komentar